BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Masa Orientasi Peserta Didik merupakan wadah untuk mengawali langkah mengantarkan peserta didik memasuki jenjang pendidikan yang baru. Kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik ini merupakan kegiatan yang dapat membantu siswa menggali pengalaman yang baru baik berupa lingkungan belajar maupun cara pelaksanan belajar yang tentunya berbeda dengan lingkungan di jenjang pendidikan sebelumnya.
Pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik di SMP Negeri 2 Katapang Tahun Pelajaran 2011/2012 berbeda dengan sekolah lain di lingkungan Sub Dinas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung. Yaitu ada penambahan dalam materi tidak sebatas pengenalan lingkungan tetapi mengintegrasikan antara Program Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) diharapkan integrasi kedua program ini dapat memberikan dampak positif sehingga menjadi bekal yang signifikan mengenai kehidupan sekolah (melalui MOPD) dan materi ajar untuk tercapainya peningkatan mutu peserta didik khususnya di SMP Negeri 2 Katapang.
Sebagai acuan kegiatan tersebut, maka kami Panitia Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) Tahun Pelajaran 2011/2012 mwnyusun sebuah Program Kerja yang akan dipergunakan sebagai landasan pelaksanannya.
1.2. DASAR HUKUM
Penyelenggaraan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) Tahun Pelajaran 2011/2011 mengacu kepada :
1.2.1 Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
1.2.2 Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0461/U/1984, Tentang Pembinaan-Pembinaan Kesiswaan.
1.2.3 Keputusan Dirjen Dikdasmen Depdikbud Nomor : 226/C/Kep/0/1992, Tentang Pedoman Pembinaan Kesiswaan.
1.2.4 Surat Keputusan Bupati Nomor : 422/Kep.23.Disdik/2011, Tentang Penerimaaan Siswa Baru dan MOPD.
1.2.5 Surat Keputusan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Katapang Nomor : 427/085/Kepsek/2011, Tentang Pembentukan Panitia Penyelenggaraan MOPD Tahun Pelajaran 2011/2011.
1.2.6 Hasil Rapat Pembentukan Panitia tanggal 1 Juli 2011
1.2.7 Program Kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung.
1.3. TUJUAN
Tujuan diselenggarakannya Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah sebagai berikut :
1.3.1 Membantu siswa baru menyatu dengan warga sekolah, berpartisipasi dengan lingkungan sekolah, mengetahui hak dan kewajiban serta mampu bertanggung jawab dalam lingkungan sekolah.
1.3.2 Membantu siswa baru dalam memahami kehidupan sekolah dalam rangka pelaksanaan Wiyata Mandala, sehingga fungsi sekolah, guru, siswa dan masyarakat lingkungan dapat mendukung terwujudnya tujuan pendidikan secara konprehensif menyeluruh.
1.3.3 Mendorong siswa baru untuk aktif menambah pemahamannya melalui pengamatan terhadap lingkungan yang baru.
1.3.4 Membantu siswa baru mengembangkan keterampilan untuk mengembangkan analisis pengalaman dalam membuat kesimpulan.
1.3.5 Mengembangkan kreatifitas dan memberdayakan potensi siswa sesuai dengan bakat dan minatnya.
1.3.6 Mendorong siswa untuk memiliki kepercayaan diri sehingga berani mengungkapkan pendapatnya dan aktif menanyakan kepada orang lain.
1.4. RUANG LINGKUP
Ruang lingkup penyelenggaraan Masa Orientasi Peserta Didik, meliputi :
1.4.1 Mengembangkan pengetahuan siswa baru melalui kegiatan orientasi.
1.4.2 Menumbuhkan sikap yang baik kepada siswa sehingga terbiasa hidup dalam suasana disiplin, sopan dan mentaati tata tertib sekolah.
1.4.3 Merangsang kreatifitas siswa agar timbul rasa senang baik dalam situasi, belajar maupun dalam segi bergaul dengan siswa yang lainnya.
1.4.4 Mengembangkan keterampilan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya.
1.5. SASARAN
Yang menjadi sasaran dalam penyelenggaraan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) adalah seluruh siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah …. orang siswa yang terdiri dari :
þ Laki-laki sebanyak : …. Orang Siswa.
þ Perempuan sebanyak : …. Orang Siswa.
1.6. SISTEMATIKA
Sistematika Penyusunan Program Kerja Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah sebagai berikut :
1.6.1 BAB I PENDAHULUAN
1.6.2 BAB II PENGORGANISASIAN
1.6.3 BAB III JADWAL KEGIATAN
1.6.4 BAB IV PEMBIAYAAN
1.6.5 BAB V PENUTUP
BAB II
PENGORGANISASIAN MASA ORIENTASI
2.1 ORGANISASI PANITIA
Organisasi Panitia Penyelenggaraan Masa Orientasi Peserta Didik Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah sebagai berikut :
A. Penanggung jawab : Drs. Ade Nugraha., S.Pd, M.Si.
Wakil Kepala
B. Penasehat / : PKS. Urs. Kesiswaan
PKS. Urs. Kurikulum
PKS. Humas
PKS. Sarana
C. Ketua : Siti Hani Kurniasih, S Pd.
D. Sekretaris : Linda Safitri, S.Pd
E. Bendahara : Dra. Hani Prihayatini
Anggota : 1. Dedy Saprudin, S.Pd.
2. Deni Nurhayat, S. Pd
3. Syarif Hidayat, S.Pd.
4. Acep Abud Burhani, S.Pd.
5. Iwan Hernawan,S.Pd
6. Dewi Ferni Yuniarti, S.E
7. Iis Maisah, S.Pd.
8. Enu Wiharja, S.Pd.
9. Asep Hidayat, S.S.
10. Sunarmi, S.Pd.
11. Imas Witasih, S.Pd.
12. Dadang Ruhiat, S.Pd.
13. Haryono
14. Asep
15. Hary Muryanto
16. Haryanto
17. Jajang
18. Staf TU
2.2 RINCIAN TUGAS
2.2.1 Penanggung Jawab
Bertanggung Jawab terhadap seluruh Kegiatan Penyelenggaraan Masa Orientasi Peserta Didik baik secara vertikal maupun horizontal.
2.2.2 Ketua
a. Mengarahkan, mengkoordinir, mengendalikan serta menginventarisir semua kegiatan pelaksanaan MOPD.
b. Melaporkan semua kegiatan yang berhubungan dengan pelaksanaan MOPD kepada Kepala Sekolah selaku penanggung jawab.
2.2.3 Sekretaris
a. Menyusun agenda rapat dan kegiatan-kegiatan penting lainnya sebelum, selama dan sesudahnya penyelenggaraan MOPD.
b. Membuat laporan notulen dan catatan-catatan penting yang berhubungan dengan kegiatan MOPD.
c. Membuat dokumen serta instrumen-instrumen dalam kegiatan MOPD.
2.2.4 Bendahara
a. Membuat rencana anggaran penerimaan dan pengeluaran dalam kegiatan MOPD.
b. Membuat dan menyampaikan penggunaan anggaran secara rinci dengan jelas kepada ketua.
c. Menerima dan mengadministrasikan hal-hal yang berhubungan dengan keuangan sesuai pos-pos masing-masing.
2.2.5 Anggota
a. Memberi masukan-masukan kepada panitia-panitia lain yang berhubungan dengan kegiatan MOPD.
b. Mempersiapkan alat, bahan, dan perlengkapan yang diperlukan dalam pelaksanaan MOPD.
c. Menyiapkan ruangan-ruangan, tempat, kursi dan meja untuk keperluan MOPD.
2.3 ORGANISASI PESERTA
Peserta Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) … orang siswa, dengan perincian sebagai berikut :
1. Laki-laki : Orang Siswa
2. Perempuan : Orang Siswa
Jumlah Orang Siswa
2.4 KORDINATOR DAN WAKIL KORDINATOR
Kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) dilaksanakan secara terpusat menggunakan 2 ruang aula dan klasikal menggunakan 10 kelas dibimbing oleh 50 orang siswa yang tergabung dalam panitia. Panitia tersebut diambil dari pengurus OSIS dan Pengurus Kegiatan Ekstrakurikuler yang ada di lingkungan SMP Negeri 2 Katapang.
BAB III
JADWAL KEGIATAN
Demi kelancaran kegiatan penyelenggaraan Masa Orientasi Peserta Didik Tahun Pelajaran 2011/2012, maka disusun jadwal kegiatan diantaranya adalah :
Berikut adalah Jadual Kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik :
No. | Uraian Kegiatan | Tanggal |
1. 2. 3. | Tahap Persiapan a. Pembentukan Panitia b. Penyusunan Program Kerja c. Penyusunan Gugus-Gugus ( d. Rapat Panitia e. Pengetikan label peserta dan panitia f. Persiapan kelengkapan administrasi dan tempat a. Pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik b. Penutupan c. Monitoring Tahap Pelaporan a. Pengelolaan hasil Masa Orientasi Peserta Didik b. Pengetikan Piagam MOPD, Piagam Pramuka, Tes Kesegaran Jasmani, PMR, Paskibra c. Penandatangannan Piagam oleh Kepala Sekolah d. Pembagian Piagam | 01 Juli 2011 02 Juli 2011 07 Juli 2011 08 Juli 2011 09 Juli 2011 09 Juli 2011 11-14 Juli 2011 14 Juli 2011 11-14 Juli 2011 15 Juli 2011 15 Juli 2011 01 Agustud 2011 08 Agustus 2011 |
Jadwal Kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik secara umum dan khusus untuk Tahun Pelajaran 2011/2012 dan lain-lainnya yang merupakan kelengkapan administrasinya, kami lampirkan pada Program Kerja Masa Orientasi Peserta Didik ini.
BAB IV
PEMBIAYAAN
4.1 PENERIMAAN
Anggaran Biaya untuk pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik ini dari dana Biaya Operasional Siswa Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan rincian biaya yang diperlukan yaitu sebesar : Rp. 20.900.000,00
4.2 PENGELUARAN
4.2.1 Kepanitiaan :
Penanggung Jawab
A. 1. Kepala Sekolah = Rp. 600.000,00
2. Wakil Kepala = Rp. 300.000,00
3. PKS. Urs. Kesiswaan = Rp. 300.000,00
4. PKS. Urs. Kurikulum = Rp. 200.000,00
5. PKS. Urs. Humas = Rp. 200.000,00
6. PKS. Urs. Sarana = Rp. 200.000,00
B. Ketua = Rp. 300.000,00
Sekretaris = Rp. 250.000,00
Bendahara = Rp. 250.000,00
Anggota :
1. Dedi Nurhayat, S.Pd. = Rp. 100.000,00
2. Asep Hidayat,S.Pd. = Rp. 100.000,00
3. Iwan Hernawan,S.Pd = Rp. 100.000,00
4. Imas Witasih, S. Pd. = Rp. 100.000,00
5. Abdul Kudus,S.Ag = Rp. 100.000,00
6. Enu Wiharja, S.Pd. = Rp. 100.000,00
7. Dadang Ruhiat, S.Pd. = Rp. 100.000,00
8. Dewi Ferni Yuniarti, S.E = Rp. 100.000,00
9. Dedy Saprudin, S.Pd. = Rp. 100.000,00
10. Acep Abud Burhani, S.Pd. = Rp. 100.000,00
11. Iis Maisah, S.Pd. = Rp. 100.000,00
12. Sunarmi, S.Pd. = Rp. 100.000,00
13. Haryanto = Rp. 50.000,00
14. Haryono = Rp. 50.000,00
15. Asep = Rp. 50.000,00
16. Hary Muryanto = Rp. 50.000,00
17. Riyanto = Rp. 50.000,00
18. Jajang = Rp. 50.000,00
17. Staf TU = Rp. 50.000.00
J u m l a h Rp. 4.150.000,00
A. Honor Pemateri MOPD :
1. Pemateri 40 X 1 X Rp. 30.000,00 = Rp. 1.200.000,00
2. Tes Kesegaran Jasmani 5 X Rp. 50.000,00 = Rp. 250.000,00
3. Pemateri Polsek 2 X 1 X Rp. 100.000,00 = Rp. 200.000,00
4. Pemateri SBL 2 X 1 X Rp. 100.000,00 = Rp. 200.000,00
B. Honor Instruktur :
1. Pramuka 2 X 6 X Rp. 5.000,00 = Rp. 60.000,00
2. PMR 2 X 6 X Rp. 5.000,00 = Rp. 60.000,00
3. Paskibra 2 X 6 X Rp. 5.000,00 = Rp. 60.000,00
4. PKS 2 X 6 X Rp. 5.000,00 = Rp. 60.000,00
5. LKBB 2 X 6 X Rp. 5.000,00 = Rp. 60.000,00 +
J u m l a h Rp. 2.150.000,00
4.2.2 Konsumsi :
1. Pemateri 40 X 1 X Rp. 10.000,00 = Rp. 400.000,00
2. Mentor 50 X 6 X Rp. 10.000,00 = Rp. 3.000.000,00
3. Panitia 30 X 6 X Rp. 10.000,00 = Rp 1.800.000,00
J u m l a h Rp. 5.200.000,00
4.2.3 Pembuatan Kaos Panitia :
1. Mentor 50 X Rp. 20.000,00 = Rp. 1.000.000,00
2. Panitia 30 X Rp. 25.000,00 = Rp. 1.000.000,00 +
J u m l a h Rp. 2.000.000,00
4.2.4 Peralatan :
A. Peralatan = Rp. 400.000,00
Dokumentasi = Rp. 200.000,00
Transportasi = Rp. 300.000,00
P3K = Rp. 200.000,00
B. Kesekretariatan / ATK = Rp. 300.000,00
Perlengkapam MOPD = Rp. 6.000.000,00 +
J u m l a h Rp. 7.400.000,00
4.2.5 Monitoring Rp. 500.000,00
Total I Rp. 4.150.000,00
II Rp. 2.150.000,00
III Rp. 5.200.000,00
IV Rp. 2.000.000,00
V Rp. 7.400.000,00
VI Rp. 500.000,00 +
Rp. 20.900.000,00
Katapang, 02 Juli 2011
Panitia Masa Orientasi Peserta Didik
Ketua Bendahara
Siti Hani Kurniasih. S Pd Dra. Hani Prihayatini
NIP. 197104042006042013 NIP. 132047197
Mengetahui / Menyetujui ;
Kepala SMP Negeri 2 Katapang
Drs. ADE NUGRAHA, S.Pd. M.Si.
NIP. 195710101980031016
BAB V
PENUTUP
5.1 KESIMPULAN
Dari Kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik Tahun Pelajaran 2011/2012 ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
5.1.1 Kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik di SMP Negeri 2 Katapang dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat.
5.1.2 Lancarnya Kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik ini tidak lepas dari bimbingan Kepala Sekolah dan kerjasama panitia, para guru, staf karyawan dan siswa yang tergabung dalam organisasi OSIS, Paskibra, PMR dan Pramuka.
5.1.3 Program kerja ini harus dijadikan acuan dalam melaksanakan setiap kegiatan.
5.2 SARAN-SARAN
5.2.1 Panitia memohon bimbingan dari Kepala Sekolah atau Pengawas Pembina Bandung Barat Utara berkaitan dengan kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik Tahun Pelajaran 2011/2012.
5.2.2 Setiap personil yang terlibat disarankan untuk mematuhi segala rambu-rambu program.
5.2.3 Metode penyampaian Kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik agar selalu mengarah pada 5 M yaitu : Mudah, Murah, Menyenangkan, Masal, dan Meriah.
5.2.4 Seluruh panitia dan personil terkait agar mengevaluasi keberhasilan-keberhasilan Masa Orientasi Peserta Didik ini, sebagai bahan evaluasi pada kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) yang akan datang.
TATA TERTIB PESERTA
MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK (MOPD)
SMP NEGERI 2 KATAPANG
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
1. Selama Kegiatan MOPD Peserta Wajib Hadir Pukul 06.00 WIB.
2. Peserta MOPD tidak diperkenankan menerima tamu di lingkungan tanpa izin panitia.
3. Senantiasa menjunjung tinggi tata susila dan sopan santun.
4. Peserta tidak diperkenankan keluar lingkungan sekolah selama kegiatan berlangsung.
5. Bersikap ramah tamah, saling menghargai terhadap sesame warga siswa baru, siswa lama dan semua yang ada di lingkungan sekolah.
6. Mentaati peraturan-peraturan yang telah digariskan oleh panitia khususnya dan sekolah pada umumnya.
7. Tidak boleh membantah apabila diminta bantuan oleh pembimbing.
8. Ketentuan selama MOPD :
a. Ketentuan Umum :
þ Memakai seragam SD asa sekolah lengkap dengan atribut
þ Sepatu hitam kaos kaki putih
þ Memakai ikat pinggang warna hitam
þ Memakai topi dan dasi SD asal sekolah
þ Tidak diperkenankan membawa HP dan alat elektronik
b. Ketentuan Khusus :
1. Putra
þ Rambut dipotong rapi (sesuai ketentuan)
þ Tidak memelihara kuku
2. Putri
þ Rok wajib dilapisi sot
þ Dilarang memakai perhiasan yang berlebihan
þ Rambut diikat rap (sesuai ketentuan)
9. Peserta yang melanggar tata tertib akan dijatuhi sangsi dan dinyatakan tidak lulus dan harus menempuh MOPD tahun yang akan datang.
Katapang, 09 Juli 2011
Mengetahui ; Masa Orientasi Peserta Didik
Kepala Sekolah Ketua
Drs. ADE NUGRAHA, S.Pd. M.Si Siti Hani Kurniasih, S. Pd
NIP. 195710101980031016 NIP. 197104042006042013
DAFTAR HADIR PEMATERI MOPD
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
SMP NEGERI 2 KATAPANG
Hari / Tanggal : Senin, 11 Juli 2011
No | N a m a | Jabatan | Tanda Tangan |
1 | | | |
2 | | | |
3 | | | |
4 | | | |
5 | | | |
Hari / Tanggal : Selasa, 12 Juli 2011
NO | N A M A | TEMPAT | MATERI | PARAF |
1 | | | | |
2 | | | | |
3 | | | | |
4 | | | | |
5 | | | | |
Hari / Tanggal : Rabu, 13 Juli 2011
NO | N A M A | TEMPAT | MATERI | PARAF |
1 | | | | |
2 | | | | |
3 | | | | |
4 | | | | |
5 | | | | |
Hari / Tanggal : Kamis, 14 Juli 2011
NO | N A M A | TEMPAT | MATERI | PARAF |
1 | | | | |
2 | | | | |
3 | | | | |
4 | | | | |
5 | | | | |
PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2 KATAPANG
JL. Trsn Kopo Komp. Gading Junti Asri Katapang Tlp. (022) 85871015
KEPUTUSAN
KEPALA SEKOLAH SMP NEGERI 2 KATAPANG KABUPATEN BANDUNG
NOMOR : /VII/KEPSEK/2011
TENTANG
Penunjukan Guru-Guru dan Staf Tata Usaha Sebagai
Panitia dan Pemateri Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD)
Pada Tahun Pelajaran 2011/2012
KEPALA SMP NEGERI 2 KATAPANG KABUPATEN BANDUNG
Menimbang : a. Bahwa sebagai tindak lanjut keputusan Bupati Bandung Nomor : 4221/Kep.237-Disdik/2011 Tanggal Juli 2011 Tentang Pedoman Penerimaan Siswa baru, maka dipandang perlu adanya Panitia Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) di SMP Negeri 2 Katapang.
b. Bahwa untuk menjamin ketertiban serta kelancaran Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) dipandang perlu dikeluarkan Surat Keputusan Kepala SMP Negeri 2 katapang, untuk menetapkan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) Tahun Pelajaran 2011/2012.
Mengingat : Keputusan Bupati Bandung Nomor : ............./Kep.237-Disdik/2011
Tanggal Juli 2011
MEMUTUSKAN
Pertama : Membentuk Panitia Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) Tahun Pelajaran 2011/2012 di SMP Negeri 2 Katapang, sebagaimana tercantum pada lampiran I Surat Keputusan ini.
Kedua : Segala biaya yang timbul sebagai akibat pelaksanaan keputusan ini dibebankan kepada anggaran yang tersedia.
Ketiga : Hal-hal yang belum atau tidak diatur dalam keputusan ini akan diatur tersendiri.
Keempat : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan catatan apabila terdapat kekeliruan dalam keputusan ini akan dibetulkan sebagaimana mestinya.
Ditetapkan di : Katapang
Pada tanggal : 01 Juli 2011
Kepala SMP Negeri 2 Katapang
Drs. ADE NUGRAHA, S.Pd. M.Si.
NIP. 195710101980031016
Tembusan disampaikan kepada Yth :
1. Yth. Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Bandung
2. Guru-Guru yang bersangkutan
3. Arsip
Lampiran : 1. Keputusan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Katapang
Nomor : 152/VII/KEPSEK/2011
Tanggal : 12 Juli 2011
A. Penanggung jawab : Drs. Ade Nugraha., S.Pd, M.Si.
B. Penasehat / : WKS. Urs. Kesiswaan
WKS. Urs. Kurikulum
WKS. Humas
WKS. Sarana
C. Ketua : Siti Hani Kurniasih, S Pd.
D. Sekretaris : Linda Safitri, S.Pd
E. Bendahara : Dra. Hani Prihayatini
Anggota :
1. | Deni Nurhayat, S. Pd |
2. | Dedy Saprudin, S..Pd. |
3. | Acep Abud Burhani, S.Pd. |
4. | Dewi Ferni Yuniarti, S.E. |
5. | Syarif Hidayat, S.Pd |
6. | Iwan Hernawan,S.Pd |
7. | Enu Wiharja, S.Pd. |
8. | Imas Witasih, S.Pd. |
9. | Asep Hidayat, S.S. |
10. | Iis Maisah, S.Pd. |
11. | Sunarmi, S.Pd. |
12. | Abdul Kudus, S.Pd. |
13. | Dadang Ruhiat, S.Pd. |
14. | Haryono |
15. | Asep |
16. | Hary Muryanto |
17. | Riyanto |
18. | Jajang . |
19 | Staf TU (pembantu umum) |
| |
Ditetapkan di : Katapang
Pada tanggal : 02 Juli 2011
Kepala SMP Negeri 2 Katapang
Drs. ADE NUGRAHA, S.Pd. M.Si.
NIP. 195710101980031016
Lampiran : II
Pemateri :
1. Drs. Ade Nugraha,S.Pd., M.Si
2.Dedy Saprudin, S. Pd.
3. Drs.Dadang Ahmad H
4. Drs. A. Agus Gustaman
5. Setiadi Rukmana, S.Pd
6. Imas Rohaeni, S.Pd.
7. Wahyuni Purwanti,S.Pd
8. Farida Ahmad,A.Md
9. Acep Abud B, S.Pd
10. Subagio,S.Pd
11. Susilawati,S.Pd
12. Amung Sutisna, S.Pd
13. Arif Nafiron Kurnia, S.Pd
14. Enu Wiharja, S.Pd
15. Yuliawati Winar, S.Pd.
16. Ida Nurhidayah,S.Pd
17. Komarasari,S.Pd
18. Dewi Ferni Yuniarti, S.E.
19. Sukemi, S.Pd.
20. Abdul Kudus, S.Pd.
21. Wawan Furkon, S.E.
22. Ridwan ( PMR)
23. Alpin ( Pramuka )
24. Nanan (Paskibra)
25. Mulyadi ( PKS )
26. Heni ( Tekwondo )
PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2 KATAPANG
JL. Trsn Kopo Komp. Gading Junti Asri Katapang Tlp. (022) 85871015
Nomor : /VII/KEPSEK/2011
Lampiran : 1 lembar
Tanggal : Undangan Memberikan Materi pada MOPD
Kepada
Yth. Kapolsek Katapang
di
Tempat
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera bagi kita semua. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita semua, Amin….
Sehubungan dengan akan diadakannya Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD), bagi siswa-siswi baru SMP Negeri 2 Katapang Tahun Pelajaran 2011/2012 yang dilaksanakan dari tanggal 11 s/d 14 Juli 2011. Dengan ini kami mohon bantuan Bapak/Ibu untuk menyampaikan materi kepada peserta MOPD. (jadwal terlampir).
Sehubungan dengan pentingnya kegiatan tersebut kami mohon kehadiran Bapak tepat waktunya.
Atas perhatian dan kehadiran Bapak kami ucapkan terima kasih.
Katapang, 08 Juli 2011
Masa Orientasi Peserta Didik
Ketua Sekretaris
Siti Hani Kurniasih, S.Pd Linda Sapitri, S.Pd
NIP. 197104042006042013 NIP. 196308132007012004
Mengetahui ;
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Katapang
Drs. ADE NUGRAHA, S.Pd. M.Si
NIP. 195710101980031016
JADWAL MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK
SMP NEGERI 2 KATAPANG
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
NO | HARI / TANGGAL | WAKTU | JENIS KEGIATAN | PEMATERI | KET | |||
1 | Senin, 11 Juli 2011 | 06.00 - 07.00 | Persiapan Upacara | Panitia | Lap. Up. | |||
07.00 - 08.00 | Upacara Bendera | Kepala Sekolah | Lap. Up. | |||||
08.00 - 08.30 | Laporan Panitia MOPD | Ketua Pelaksana | Lap. Up. | |||||
08.30 - 09.00 | ISTIRAHAT | |||||||
09.00 - 09.45 | Wawasan Wiyata Mandala | Drs. Dadang Ahmad H. | Aula A | |||||
Drs. A. Agus Gustaman | Aula B | |||||||
09.45 - 10.30 | Cara Belajar | Yuliawati Winar, S.Pd. | Aula A | |||||
Ida Nurhidayah, S.Pd. | Aula B | |||||||
10.30 - 11.15 | Tatakrama dan Kesopanan Siswa | Imas Rohaeni, S.Pd. | Aula A | |||||
Wahyuni Purwanti, S.Pd | Aula B | |||||||
11.15 – 12.00 | Dinamika Kelompok | Susilawati, S.Pd. | Aula A | |||||
Subagio, S.Pd. | Aula B | |||||||
12.00 - 12.30 | Sholat, Istirahat | |||||||
12.30 - 13.00 | Sayonara/ Pemberian tugas | Panitia | Lap. OR | |||||
2 | Selasa, 12 Juli 2011 | 06.00 - 06.50 | Apel Pagi | Panitia | Lap. Up. | |||
06.50 – 07.00 | Persiapan untuk materi | Panitia | Aula A | |||||
Panitia | Aula B | |||||||
07.00 - 07.45 | Karakter bangsa | Setiadi Rukmana, S.Pd. | Aula A | |||||
Sukemi, S.Pd. | Aula B | |||||||
07.45 - 08.30 | Pengarahan Hukum | Polsek Katapang | Aula A | |||||
Polsek Katapang | Aula B | |||||||
08.30 - 09.15 | Pengorganisasian di sekolah | Siti Hani K, S.Pd. | Aula A | |||||
Dedy Saprudin, S.Pd. | Aula B | |||||||
09.15 – 09.45 | ISTIRAHAT | |||||||
09.45 - 10.30 | Binbingan dan Konseling | Sukemi, S.Pd. | Aula A | |||||
Wawan Furkon, S.H. | Aula B | |||||||
10.30 – 11.15 | Tata Tertib Sekolah | Acep A. Burhani, S.Pd. | Aula A | |||||
Arief Nafiron, S.Pd. | Aula B | |||||||
11.15 – 12.00 | Pengenalan Ekstrakurikuler | Asep Hidayat, S.S. | Aula A | |||||
Imas Witasih, S.Pd. | Aula B | |||||||
12.00 – 12.30 | Sholat, Istirahat | |||||||
12.30 – 13.00 | Sayonara/Pemberian tugas | Panitia | Lap. OR | |||||
| | | | | | |||
| | | | |||||
| | |||||||
| | | | |||||
NO | HARI / TANGGAL | WAKTU | JENIS KEGIATAN | PEMATERI | KET | |||
3 | Rabu, 13 Juli 2011 | 06.00 – 06.50 | Apel Pagi | Panitia | Lap. Up | |||
06.50 - 07.00 | Persiapan materi | Panitia | Aula A | |||||
Panitia | Aula B | |||||||
07.00 – 07.45 | Kenal untuk dikenang | Panitia | Area Sekolah | |||||
07.45 – 09.45 | Demo ekstrakurikuler | Panitia | Lap. Up | |||||
09.45 – 11.00 | Pentas seni | Panitia | Lap. Up | |||||
11.00 – 11.15 | Persiapan Upacara Penutupan | Panitia | Lap. Up | |||||
11.15 – 12.00 | Upacara Penutupan | Kepala Sekolah | Lap. Up | |||||
4 | Kamis, 14 Juli 2011 | 06.00 - 06.50 | Apel Pagi | Panitia | Lap. Up. | |||
06.50 – 07.30 | Pemeriksaan Tugas | Panitia | Aula A&B | |||||
07.30 - 08.30 | Berburu Sampah | Panitia | Area Sekolah dan Ling. sekitar Sekolah | |||||
08.30 – 09.15 | Materi SBL Resik | Setiadi Rukmana, S.Pd. | Aula A | |||||
Amung Sutisna, S.Pd. | Aula B | |||||||
09.15 – 09.45 | ISTIRAHAT | | | |||||
09.45 - 10.45 | Materi PLH | Enjang Suhara,S.Pd | Aula A | |||||
Nelly Fatma EY,S.Pd | Aula B | |||||||
10.30 – 12.00 | Permasalahan dan Pemanfaatan sampah | Drs. Ahmad BPLH | Aula A&B | |||||
12.00 – 12.30 | Sholat, Istirahat | | | |||||
12.30 – 13.00 | Lanjutan Permasalahan dan Pemanfaatan sampah | Drs. Ahmad BPLH | Aula A&B | |||||
Katapang, 05 Juli 2011
Mengetahui ; Panitia Masa Orientasi Peserta Didik
Kepala SMP Negeri 2 Katapang Ketua
Drs. Ade Nugraha, S.Pd. M.Si Siti Hani Kurniasih, S.Pd.
NIP. 195710101980031016 NIP. 197104042006042013
PENEKANAN MATERI MOPD
No. | Materi | Pembahasan |
1. | Wawasan Wiyata Mandala | - Teori tentang sekolah sebagai lingkungan sekolah sebagai lingkungan pendidikan - Lingkungan Sekolah 1. STOK (Kepsek – Penjaga) 2. Keorganisasian Siswa 3. Ekskul Wajib dan Pilihan |
2. | Cara Belajar | - Pengenalan Mata Pelajaran di SMP - Program paradigma pembelajaran dari situasi SD ke SMP - Paradigma pembelajaran dengan versi kurikulum sekolah masing-masing - Cara belajar yang efektif dan efisien |
3. | Tata Krama | - Etika berkomunikasi di lingkungan sekolah - Tata karma dan kesopanan |
4. | Tata Tertib | - Hak, kewajiban dan sanksi |
5. | Dinamika Kelompok | - Membangun Team Work |
6. | Pengorganisasian OSIS | - Struktur Keorganisasian OSIS - Pengenalan Sekbid - Tupoksi OSIS - LDKS |
7. | Pengenalan Ekskul | - Ekskul wajib dan Pilihan - Penjabaran, penerapan dan penilaian |
8. | Kenal Untuk Di Kenang | - Mengenal personil OSIS dan Kepengurusan |
9. | Minat dan Bakat Seni | - Menggali potensi siswa di bidang seni |
10. | Mengenal Lingkungan Sekolah | - Mengenal Denah Sekolah dan Ruang-Ruang Belajar, dll. |
11. | Karekter bangsa pada diri siswa | - Perilaku peserta didik yang diharapkan untuk membentuk kepribadian |
12 | Perilaku hidup sehat | - Hidup sehat - Budaya bersih |
| | |
PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 2 KATAPANG
JL. Trsn Kopo Komp. Gading Junti Asri Katapang Tlp. (022) 85871015
SURAT TUGAS
/VII/KEPSEK/2011
Kepala SMP Negeri 2 Katapang Kab. Bandung, dengan ini menugaskan kepada:
Nama :
NIP :
Untuk menyampaikan materi kepada peserta Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) pada :
Hari / Tanggal :
Tempat :
Waktu :
Materi :
Demikian Surat Tugas ini agar dilaksanakan sebagaimana mestinya dengan rasa tanggung jawab.
Ditetapkan di : Katapang
Pada tanggal : 08 Juli 2011
Kepala SMP Negeri 2 Katapang
Drs. ADE NUGRAHA, S.Pd. M.Si.
NIP. 195710101980031016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar